Beranda > my note, serba-serbi > Renungan Kalbu Menjelang Tahun Baru

Renungan Kalbu Menjelang Tahun Baru

Desember 29, 2011

Berhatilah-hatilah Dengan Penyakit Iri Hati dan Dengki

Iri hati dan dengki merupakan sebuah penyakit hati yang dapat timbul kapan saja dan dapat diderita oleh siapa saja, Allah melarang kita iri kepada orang lain, karena semua apa yang orang lain dapatkan itu sesuai dengan usaha mereka dan itu sudah menjadi ketentuan Allah. Allah yang telah memberikan semua apa yang orang lain dapatkan dan Allah yang telah memberikan semua apa yang kita dapatkan.
Jika kita mengagumi milik orang lain, agar terhindar dari iri hati hendaknya mendoakan agar yang bersangkutan dilimpahi berkah atas apa yang dia dapatkan.

Apabila seorang melihat dirinya, harta miliknya atau saudaranya sesuatu yang menarik hatinya (dikaguminya) maka hendaklah dia mendoakannya dengan limpahan barokah. Sesungguhnya pengaruh iri adalah benar.
(HR. Abu Ya’la)

Rasulullah saw. bersabda.
“….Bahwa dalam diri setiap manusia terdapat segumpal daging, apabila ia baik maka baik pula seluruh amalnya, dan apabila ia itu rusak maka rusak pula seluruh perbuatannya. Gumpalan daging itu adalah hati.”
(HR Imam Al-Bukhari)

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” [An Nisaa’ 32]

Tidak ada iri hati kecuali terhadap dua perkara, yakni seorang yang diberi Allah harta lalu dia belanjakan pada jalan yang benar, dan seorang diberi Allah ilmu dan kebijaksaan lalu dia melaksanakan dan mengajarkannya. (HR. Bukhari)

Dengki merupakan sebuah penyakit hati yang lebih parah dari iri, Orang yang dengki ini merasa susah jika melihat orang lain senang. Dan merasa senang jika orang lain susah. Tak jarang dia berusaha mencelakakan orang yang dia dengki baik dengan lisan, tulisan, atau pun perbuatan. Berhati-hatilah karena Kedengkian bisa menghancurkan pahala-pahala kita.

Waspadalah terhadap hasud (iri dan dengki), sesungguhnya hasud mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan kayu. (HR. Abu Dawud)

Oleh karenanya Allah menyuruh kita berlindung dari kejahatan orang yang dengki.

Dikutip dari berbagai sumber

Hehe… Udah kayah ustad ajah yah…😛.
Penyakit iri hati dan dengki ini merupakan penyakit yang mudah merasuk ke dalam diri kita.
Semoga saya, anda, kita semua ‘khususnya pengunjung daikas blog dan umat muslim di seluruh dunia ini’ terhindar dari penyakit iri hati dan dengki. Karena kedua penyakit ini lebih berbahaya daripada penyakit fisik, dan dapat mengakibatkan kesengsaraan.

Semoga tulisan saya kali ini dapat bermanfaat.

Kategori:my note, serba-serbi
  1. donie
    Januari 22, 2012 pukul 1:14 pm

    mantaf pencerahanya sob..sesama muslim sama2 mendoakan agar dijauhkan dari penyakit yg merusak hati ini..skali lagi trimakasih saya bnyak belajar dari blog ini..

  2. Maret 14, 2012 pukul 4:39 pm
  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: